Selasa, 05 Maret 2013

Tutorial cara membuat sebuah gambar menggunakan PhotoShop


                Disini saya akan memaparkan sedikit hasil experimen saya tentang “cara membuat sebuah gambar menggunakan PhotoShop”, langsung saja pada penjelasannya. Diharapkan bagi yang membaca, terlebih dahulu membaca sampai habis, kemudian jangan lupa berkomentar agar saya bisa lebih memperbaiki diri apabila ada kurang ataupun kesalahan yang saya buat.
Pertama-tama yang kita lakukan adalah membuka program PhotoShop, dan pastikan dikomputer anda sudah memiliki program itu. Tetapi sebenarnya untuk membuat sesuatu gambar yang kita inginkan tidak terpakuh hanya di PhotoShop saja, kita bisa membuatnya di Paint, di CorelDwar, dan masih banyak program lainnya. Disini saya akan menjelaskan bila menggunakan program PhotoShop. Setelah membuka PhotoShop, mulailah menentukan ukuran kertas, pixel gambar, dan lain sebagainya sesuai keinginan dan kebutuhan anda. Disini yang akan saya gambar adalah sebuah DAUN. Perintah-perintah untuk pembuatan umumnya berada di deretan sebelah kiri layar anda, disitu banyak perintah yang bisa anda gunakan sesuai kebutuhkan dan keinginan anda. Disini yang saya tekankan untuk anda yang baru mencoba (sama seperti saya) adalah jangan takut untuk mencoba dan terus berexplorasi agar bisa cepat memahami. Semakin sering anda mencoba-coba perintah yang adalah didalam program, maka semakin cepat pula anda bisa mengerti menggunakannya.
                Yang saya gunakan disini untuk membuat gambar daun adalah perintah “brush” , perintah itu membuat saya lebih nyaman dalam membentuk pola daun sesuai yang saya inginkan. Setelah anda membuat gambar yang sudah sesuai anda inginkan, maka mulailah anda bisa mengedit-edit untuk mempercantiknya. Sedikit contoh daun buatan pertama saya di PhotoShop :



Setelah kita membuat pola gambar, yang saya lakukan disini, mulailah mengedit gambar apabila kurang rapi menggunakan beberapa perintah ini : Erase (hapus), brush (pola garis),  dan wind tool. Gambar yang ada diatas adalah gambar yang sudah saya selesai edit, maklum masih gambar pertama. Jadi saya merasa itu sudah cukup lumayan hasilnya. Kemudian yang saya lakukan adalah pemberian warna, karena saya menggambar daun. Walaupun sebenarnya kurang mirip (hehe), tetapi saya tetap memilih warna hijau seperti warna daun pada umumnya.
                Pertama-tama yang kita lakukan adalah pemilihan warna, disudut kiri hampir paling bawah perintah yang disediakan adalah berbentuk warna. Nah warna itu mari kita buat sesuai yang kita inginkan, caranya itu mudah tinggal kita pilih saja. Dan yang saya pilih adalah warna hijau. Tetapi apabila anda menginginkan warna yang muncul itu lebih dari satu, anda harus menentukan dua warna yang seperti anda inginkan. Tetapi kalo saya disini yang saya tentukan adalah dua warna yang tidak jauh berbeda.
Contoh :



Setelah anda menentukan warna, sekarang anda bisa menggunakan perintah “gradien”. Perintah gradien disini adalah agar warna yang anda masukkan didalam objek (pola gambar yang sudah anda buat tadi) bisa lebih dari satu warna saat anda memberi warnanya nanti. Setelah anda sudah menentukan warna dan menggunakan(klik) perintah “gradien” sekarang anda bisa memasukan warnanya dengan cara klik sambil ditekan beberapa saat. Dan inilah contoh gambar yang menggunakan perintah "gradien" :





Setelah objek yang anda buat sudah diwarnai semuanya, sekarang saatnya saya sedikit mennjukkan beberapa gambar yang menunjukkan perintah. Gambar ini hanya sebagai pengetahuan saja untuk anda agar tidak terlalu bingung untuk mencoba nanti.




                Sekarang yang akan saya jelaskan adalah mengubah background (latar belakang) pada layar gambaran anda. Caranya adalah pertama-tama kira rubah dulu warnanya sesuai yang kita inginkan, saya disini menggunakan warna coktlat.


                Kemudian setelah itu beri sedikit khiasan agar lebih enak dilihat dan dipandang. Dan ini ada beberapa perintah yang bisa digunakan untuk memperindah gambar yang telah kita buat tadi. Yaitu disini saya merubah pola “brush”, bagi anda silahkan mencoba dan berexplorasi.


Yang terakhir yang saya lakukan adalah memberi nama, nama disini sekedar tambahan dari percobaan saya. Untuk membuat tulisan kita bisa menggunakan perintah “text”.




sekarang pemaparan saya sudah selesai. dan ini ada Sedikit tambahan, gambar yang satu ini adalah gambar perdana saya menggunakan paint :


Demikianlah pemaparan dari hasil percobaan saya, semoga yang membaca ilmunya bisa bermanfaat dan juga yang lebih ahli dari saya bisa berkomentar tentang tutorial yang saya buat ini.

1 komentar:

  1. lucu daunnya jadi seakan timbul :D
    lanjutkan ditunggu karya kreatif lainnya..

    BalasHapus