Minggu, 31 Maret 2013

RUSUME PRAKTIKUM MULTIMEDIA PERTEMUAN 1 (TEORI WARNA)

1.       PENGERTIAN MULTIMEDIA
Multimedia adalah gabungan dari beberapa media (text, video, grafik, gambar, suara, animasi, dll) yang memiliki tampilang yang interaktif yang mempermudah penggunanya. Yang bisa digunakan untuk pembelajaran, hiburan, dan masih banyak lainnya.

Contoh Perangkat Lunak Dalam Multimedia
a.       Grafik
·         Adobe Photoshop
·         Corel Draw
·         Paint
·         Ink Space
·         Dll

b.      Animasi
·         Adobe Flash
·         3Dmax
·         Adobe Image Ready
·         Swishmax
·         Blender
·         Dll

c.       Video
·         Windows Movie Maker
·         Ulead Video Studio
·         Adobe Premiere
·         Vegas
·         Pinacle
·         Dll

d.      Suara
·         Adobe Audition
·         Jet Audio
·         GoldWave
·         Dll


2.       TEORI WARNA

Dasar Warna terdiri dari 2, yaitu :
1.       RGB (Red, Green, and Blue)
2.       CYMK (Cyan, Magenta, Yello, and Key/Black)



Roda Warna (Wheel Of Color) RYB



Konsep Warna
1)      Hue
Adalah warna itu sendiri, warna Merah, Hijau, Biru, Kuning, dll.



2)      Chroma
Adalah kecerahan yang dimilihi oleh warna dengan perbandingan terhadap warna putih. Hue yang memiliki chorma yang tinggi sama saja hue yang tidak memiliki warna putih, hitam, dan abu-abu. Saat sedang mendisain jangan gunakan hue yang sama dengan chroma, atau gunakan hue yang berbeda dengan tingkat chroma.



3)      Saturation
Adalah kecerahan warna dengan perbandingan relative terhadap warna itu sendiri. Semakin tinggi warnanya, maka semakin murni. Sedangkan semakin rendah warnanya, maka akan semakin pucat (tidak murni).



4)      Value
Adalah tingkatan terang dan gelap suatu warna. Semakin terang maka akan semakin memutih, dan kemudian gelapnya akan semakin menghitam.


5)      Tones
Adalah warna asli (hue) yang ditambahkan dengan warna abu-abu.


6)      Shade
Adalah warna asli (hue) yang ditambahakan dengan warna hitam.



7)      Tints
Adalah warna asli (hue) yang ditambahkan dengan warna putih.







Traditional color schemes


Monochromatic
Monochromatic terbuat dari Shade, Tones dan Tints dari warna asli (Hue).


Analogues
Analogues adalah pewarnaan yang dibuat dari warna yang bersisian dari roda warna.


Complementary
Complementary adalah campuran warna yang saling belawanan dalam roda warna. 


Split Complementary
Split Complementary adalah campuran warna dengan warna yang berada di sebelah warana yang berlawanan, baik yang disebelah kiri ataupun kanan dari warna lawan di dalam roda warna.


Triadic
Triadic adalah mengambil warna yang berjarak 3 dalam roda warna.


Double Cmplementary (Tetradic)
Tetradic adalah mengambil warna yang berjarak 4 dalam roda warna.


Custom
Custom adalah pewarnaan yang tidak mengikuti aturan dalam pewarnaan, tetapi tetap memperhatikan Chroma, Value dan Saturationnya.



SUMBER / REFERENSI :
https://docs.google.com/file/d/0ByRya0WVv1rdcjVsYUdDTzZuU1k/edit
http://en.wikipedia.org/wiki/Hex_triplet#Hex_triplet
http://en.wikipedia.org/wiki/RGB_color_model
http://pengantar-warna.blogspot.com/2008/10/model-warna-rgb.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_warna
http://id.wikipedia.org/wiki/Warna_primer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar