Kamis, 31 Januari 2013

SEMINAR NASIONAL DAN WORKSHOP “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi” Dalam Acara P2M (Pengabdian Pada Masyarakat)









Seminar nasional dan workshop yang berjudul pengembangan profesionalisme guru melalui pembelajaran berrbasis teknologi informasi dan komunikasi di adakan pada tanggal 31 januari 2013 adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Ilmu Komputer UPI (Universitas Pendidikan Indonesia). Bertempatkan di desa nyalindung kecamatan nyalindung kabupaten sukabumi. Acara ini bermaksud untuk mengembangkan profesionalisme guru di daerah nyalindung dan sekitarnya melalui pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Isi materi yang ada didalam acara itu salah satunya adalah multimedia pembelajaran yang membuat para guru yang mengikuti kegiatan jadi merasa benar-benar tertolong dengan adanya kegiatan ini.

Yang saya tangkap dari kegiatan seminar nasional dan workshop tersebut untuk tujuannya adalah mungkin salah satunya untuk memperkenalkan kepada guru-guru tentang teknologi yang dapat digunakan dalam proses pendidikan, kemudian untuk meningkatkan profesionalisme guru terutama dalam menggunakan media pembelajaran yang berbasis TIK , dan demi menciptakan inovasi-inovasi yang baru dalam proses pendidikan. Acara tersebut diadakan oleh mahasiswa ilmu komputer UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) yang sedang melaksanakan kegiatan tahunan yang dinamakan P2M. P2M sendiri adalah sebuah kegiatan mahasiswa ilmu komputer UPI (Universitas Pendidikan Indoensia) yang bertujuan melatih mahasiswanya untuk lebih mandiri dan langsung terjun merasakan keseharian pada saat berada dikalangan masyarakat yang notabenenya adalah masyarakat yang baru ingin berkembang. P2M itu adalah singkatan dari Pengabdian Pada Masyarakat, jadi semua mahasiswa yang mengukuti kegiatan tersebut insyahallah akan benar-benar mendapatkan dan merasakan manfaat yang berguna bagi mereka dan juga bisa menjadi suatu pengalaman yang berarti untuk mereka kedapannya. Dalam kegiatan tersebut semua mahasiswa mengaplikasikan pelajaran yang mereka dapatkan selama diperkuliahan. Dari kegiatan ini juga mahasiswa merasakan langsung bagaimana bersosialisai di tempat yang baru kita kunjungi dan buat saya selaku pembuat artikel ini saya merasakan manfaat yang begitu banyak dari kegiatan ini, selain kita bisa mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah-masalah yang ada saat memjalankan sebuah acara, saya juga mendapatkan pelajaran yaitu bagaimana cara memanagemen waktu dan mengatur apa saja yang harus kita kerjakan dan kita pioritaskan.


Dalam kegiatan seminar nasional dan workshop mengundang pemateri yang langsung berasal dari Ilmu Komputer UPI itu sendiri, pematerinya adalah dosen-dosen dari Prodi Ilmu Komputer UPI sendiri. Materi yang disampaikan adalah profesionalisme guru menyinggung undang-undang dasar, UU RI no.14 tahun 2005 itu tentang isinya mengenangi guru dan dosen. Didalam situ kita bisa mendapatkan inti sarinya, pertama itu pelanggaran terhadap profesionlaisme akan masuk kedalam rahnah hukum, kemudian salah satu cara menigkatkan profesionalisme guru yaitu dengan PLPG, dan yang terakhir adalah mengikuti pelatihan yang selaras dengan bidang studinya. Apabila dipahami scara menyeluruh isi UU tersebut bisa menjadi solusi untuk menghadapai kurikulum baru 2013. pembelajaran berbasis TIK yang lebih disoroti disini adalah mengenangi inovasi pembelajaran melalui pemanfaatan multimedia. Faktor-faktor pendukung yaitu diantaranya waktu, cara pandang, bahan, dan fasilitas. Hal ini juga untuk mengembangkan TIK sebagai daya saing nasional, perubahan paragdigma pembelajaran, dan perubahan paradigma masyarakat.
 Adapun nilai penggunaan TIK untuk pendidikan.
  1. Meningkatkan kinerja KBM
  2. Memberdayakan anggota sekolah dan sumberdaya sekolah
  3. Otomatisasi proses administrasi.









Adapun kompetensi-kompetensi yang harus dikuasai yaitu :
  1. Alat bantu
  2. Fasilitas
  3. Standar kompetensi.
Salah satu cara inovasi guru disekolah yaitu dengan memberikan kebebasan berfikir dan perkembangan ide bagi peserta didik.
Berikut adalah langkah praktis membuat multimedia
  1. Tentukan jenis multimedia
  2. Tentukan tema
  3. Susun alur
  4. Buat story board
  5. Lakukan dengan sesegera mungkin
  6. Tetapkan resep sukses (mencoba, mengembangkan, mengevaluasi).

Pemateri dalam seminar nasional dan workshop itu di isi oleh :
  1. Bapak. Dr. Enjang Ali Nurdin, M.Kom
  2. Bapak. Dr. Wawan Setiawan, M.Kom
  3. Bapak. Heri Sutarno
  4. Retno Dewi Hartianti
Itulah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan di dalam artikel ini, semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan anda ataupun membuat anda termotivasi, dan juga lain sebagainya. Saya selaku penulis artikel ini memohon maaf apabila ada salah, saya ucapkan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar