Kamis, 31 Januari 2013

BILANGAN BINER








Disini saya akan membagi pengetahuan yang saya ketahui tentang “bilangan biner”, sedikit bercerita tentang bilangan biner. Taukah anda bahwa bilangan biner itu adalah salah satu basis dalam bilangan yang ada di komputer. Bilangan biner adalah bilangan basis dua yang hanya terdiri dari angka 0 dan 1. Tapi didalam sebuah komputer bilangan biner jelas digunakan, bilangan biner adalah bahasa mesin. Dalam artian dari sebuah mesin memproses sebuah angka yaitu 0 dan 1 yang bisa menjadikan sebuah sistem bisa beroperasi. Jadi, pernahkan anda berpikiran untuk mengetahui atau menambah pengetahuan anda bagaimana proses dari sebuah bilangan yang terdiri dari angka  0 dan 1 bisa memproses semuanya yang dimengerti oleh komputer yang diperintahkan oleh manusia (progremer, analisis, end user). Bukankah bilangan itu hanya terdiri dari angka 0 dan 1 ? tapi anda bisa lihat sendiri kehebatan bilangan biner, dari sebuah angka 0 dan 1 dia bisa menjadikannya huruf, proses suatu program, atau dll masih banyak lagi yang ada di dalam sebuah komputer yang lebih tepatnya lagi sistem operasi. Dan taukah lagi anda hanya butuh waktu setidaknya kurang dari 00,1 detik untuk bisa melihat kerja bilangan biner dalam sebuah sistem. Bukankah dalam suatu pekerjaan itu adalah hal yang mustahil untuk dikerjakan? Kita ambil contoh saja kita mengetikkan sebuah kata “dunia”, nah bagaimanakah prosesnya dari angka 0 dan 1 bisa menjadi sebuah kata yaitu “dunia”, prosesnya begitu cepat bukan? Coba jika manusia yang mengerjakan dengan aturan komputer yang harus meng input kan – proses – kemudian output.  Butuh waktu berapa lamakah manusia itu mengerjakan dari angka 0 dan 1 bisa menjadi sebuah kata yaitu “dunia” ? jadi bila anda ingin mengetahui bagaimana prosesnya, mari baca blog saya ini dengan baik kemudian anda coba tambah pengetahuan anda lagi, karena menurut saya bilangan biner banyak manfaatnya, apalagi dijaman yang modern sekarang ini yang dimana hampir semuanya menggunakan kecanggihan mesin. Itulah sedikit cerita saya tentang bilangan biner yang menurut saya bisa membuat kita jadi penasaran dengan bilangan biner.

            Sekarang untuk penjelasan bilangan biner, bilangan biner adalah bilangan basis dua yang terdiri dari angka 0 dan 1. Dan dalam satu bit itu terdiri dari 8 digit binet, contoh : 10101100. Digit biner adalah satuan terkecil dalam penyimpanan dan komunikasi informasi di dalam informasi digitan dan komputasi. Sistem bilangan biner modern ditemukan oleh Gottfried Wilhelm Leibniz pada abad ke-17. Biner itu adalah merupakan sistem bilangan dasar dari semua sistem bilangan berbasis digital. Dari bilangan biner bisa dikonversikan dengan sistem bilangan lain, yaitu oktal, desimal, hexadesimal. Sistem biner ini juga sering diistilahkan dengan bit (binary digit).


Contoh gambar untuk konversi bilangan biner ke desimal :


Sedikit penjelasan konversi bilangan biner ke oktal, desimal, dan hexadesimal :

Konversi Biner ke Oktal

Cara konversinya hampir sama. Hanya, karena pengelompokkannya berdasarkan 3 bit saja, jadi hasilnya adalah: 1010 (2) = ...... (8) Solusi: Ambil tiga digit terbelakang dahulu. 010(2) = 2(8) Sedangkan sisa satu digit terakhir, tetap bernilai 1. Hasil akhirnya adalah: 12.

 

Konversi Biner ke Hexadesimal

Cara konversinya hampir sama dengan Biner ke Oktal. Namun pengelompokkannya sejumlah 4 bit. Empat kelompok bit paling kanan adalah posisi satuan, empat bit kedua dari kanan adalah puluhan, dan seterusnya. Contoh: 11100011(2) = ...... (16) Solusi: kelompok bit paling kanan: 0011 = 3 kelompok bit berikutnya: 1110 = E Hasil konversinya adalah: E3(16)

 

Konversi Biner ke Desimal

Cara ini sedikit berbeda. Contoh: 10110(2) = ......(10) diuraikan menjadi: (1x24)+(0x23)+(1x22)+(1x21)+(0x20) = 16 + 0 + 4 + 2 + 0 = 22 Angka 2 dalam perkalian adalah basis biner-nya. Sedangkan pangkat yang berurut, menandakan pangkat 0 adalah satuan, pangkat 1 adalah puluhan, dan seterusnya.


Konversi Oktal ke Biner

untuk konversi basis ini, haruslah sedikit menghafal tabel konversinya. Namun dapat dipelajari dengan mudah. Dan ambillah tiga biner saja. Contoh: 523(8) = ...... (2) Solusi: Dengan melihat tabel konversi, didapat hasilnya adalah: 3 = 011 2 = 010 5 = 101 Pengurutan bilangan masih berdasarkan posisi satuan, puluhan dan ratusan. Hasil: 101010011(2)


Konversi Hexadesimal ke Biner

caranya hampir serupa dengan konversi Oktal ke Biner. Hanya pengelompokkannya sebanyak dua bit. Seperti pada tabel utama. Contoh: 2A(16) = ......(2)
Solusi:
  • A = 1010,
  • 2 = 0010
caranya: A=10
  • 10:2=5(0)-->sisa
  • 5:2=2(1)
  • 2:2=1(0)
  • 1:2=0(1)
ditulis dari hasil akhir
hasil :1010
  • 2:2=1(0)-->sisa
  • 1:2=0(1)
ditulis dari hasil akhir
hasil:010
jadi hasil dan penulisannya 0101010 sebagai catatan angka 0 diawal tidak perlu di tulis.
Sekian penjelasan singkat dari saya tentang bilangan biner dan konversinya, apabila ada banyak kesalahan mohon maafkan saya. Disini kita berbagi infromasi bersama-sama, jadi mohon dikoreksi kesalahan saya agar saya bisa lebih baik lagi. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar